Pengenalan dunia sains di TKIT Bunayya



Siapa bilang belajar sains cuma dapat dilakukan dan di pelajari di sekolah dasar, menengah atau oleh kalangan akademisi? Ternyata sains juga bisa di pelajari dan di lakukan di taman kanak- kanak lho.. 
Seperti bidang sains yang ada di TKIT Bunayya ini salah satu nya. Sains yang berada dalam naungan sentra sains ini berfokus pada pengenalan ilmiah mengenai suatu fenomena. Dalam hal ini anak-anak di ajak untuk berpikir logis, kritis dan ilmiah dari peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar atau dari hasil eksperimen. 

Kegiatan pada sentra ini mencakup beberapa bidang dasar dari kimia, fisika dan biologi. Seperti kegiatan eksperimen mengenai pencampuran air dan minyak, di mana dalam hal ini anak- anak di minta untuk berpikir kritis, ilmiah dan dapat memberi penjelasan dari fenomena mengapa air tidak dapat menyatu dengan minyak. Dalam hal ini bersinggungan dengan bidang kimia. Atau seperti eksperimen memompa air menggunakan balon yang ditiup. Dalam kegiatan ini anak-anak belajar mengenai konsep dasar tekanan udara yang dalam hal ini berkaitan dengan ilmu fisika dasar.

Kegiatan sentra sains ini selain dapat di lakukan secara indor juga dapat dilakukan secara outdor. Seperti mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan menanam kecambah kacang hijau. Dalam kegiatan ini anak-anak di ajak untuk mengamati proses  pertumbuhan dari kecambah dan dapat memberi penjelasan mengenai pertumbuhan kecambah menjadi tanaman. Kegiatan yang di lakukan di sentra sains ini dikemas sedemikian rupa, sehingga anak-anak dapat belajar dengan bahagia dan gembira tetapi tetap mampu berpikir kritis dan ilmiah. 

Sentra sains ini sudah seperti laboratorium kecil bagi anak-anak sehingga dapat menjawab keingintahuan anak-anak mengenai dunia sains. Pendidikan sains sejak usia dini sangat diperlukan saat ini mengingat dunia di hadapkan pada era digitalisasi. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan sains sejak usia dini dapat membantu membentuk pola pikir kritis dan ilmiah sehingga nantinya anak-anak siap menghadapi tantangan ilmu pengetahuan. Selain itu dengan adanya sentra sains ini di harapkan dapat membentuk jiwa-jiwa peneliti sehingga dapat melahirkan ilmuwan yang berkarakter yang mampu menciptakan terobosan baru di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sehingga nantinya dapat berguna dalam memajukan negeri di masa yang akan datang. 

No comments